Tutorial Jadi Pengangguran

Februari 03, 2017



1. Jangan.
2. Beneran deh, pikir lagi.
3. Mana ada sih orang yang cita - citanya jadi pengangguran !?
4. Cari uang susah.
5. Cari kerja susah.
6. Eh, Kalau susah terus, kapan bisanya !?
7. Yaudah, mending dicoba dulu kali 
8. Tapi harus yakin dulu sebelumnya.
9. Kalau ga punya keyakinan, gimana mau disiplin nantinya !
10. Nah, yang pertama.. 
11. Kembali ke no. 1
12. Sekian.

Terimakasih sudah menghabiskan 30 detik dari waktu kalian yang berharga. *wink

Original photo from Pixabay


Pada tahun 2016 yang lalu, Pengangguran yang tercatat di Indonesia mencapai angka 7 Juta orang. Banyak ya ? itu semua orang, bukan gundu. Kira – kira, adakah diri kalian di antara 7 juta orang tersebut ? Kalau gua sih, hehe.

Setelah keluar kerja September tahun lalu, dompet gua jadi sering batuk – batuk. Kehidupan mahasiswa ternyata tidak seindah yang gua bayangkan. Rasanya seperti kehabisan air di tengah gurun sahara. Hidup sih masih, jalannya aja yang susah.

Dulu waktu punya uang sendiri, gua berasa jadi orang paling hedon sejagat. Diajak jalan kemana aja, hayuk. Makan dimana aja, jadi terus. Buang – buang duit melulu macam tuan takur.

Apalagi, jadi kecanduan belanja online juga. Lirik barang, tinggal pesan. Harga item sekitaran 100 ribu kebawah, ga perlu mikir sampai 3 kali. Paling 2.5 kali, tapi ya, tetep aja ga pakai lama. Sekarang mah, buka aplikasi belanja online aja, gua pilek.

Tapi kalau dipikir – pikir, segala macam bentuk diskon atau promo itu, setan juga ya. Tau aja kalau kantong celana lagi puasa sunnahGodaannya banyak banget. Mau batal, Mau jajan, tapi bayar pake apaan !? pake amal !? Emang Ramay*na, panitia zakat !?

“Misi mbak, mau bayar”

“Debit apa cash mas ?”

“Amal Jariyah, bisa mbak ?”

“Bisa mas, sekarang ikutin saya ya. Audzubilah..”

Bodo.

Makannya, yang  namanya nabung itu jadi penting banget. Kenapa ? coba saja anggap tabungan itu, sebagai sebuah sekoci. Kalau dompet kalian karam sebelum awal bulan, tabungan kalian lah yang akan menyelamatkan hidup kedepannya.

Bayangin kalau uangnya udah habis duluan buat beli baju atau sneaker adid*s ‘ori’ Banjir Kanal Timur. Tanggal tua, bisa – bisa cuma ngemut tali sepatu pake Bon Cabe level 15 di pojokan.

Nabung itu lebih penting, daripada ‘niat-buat-nabung’nya. Bisa gitu ya ? Kegiatannya lebih penting daripada niatnya. Tapi, hal ini nyatanya beneran.

Niatnya doang mantep, tapi dilakukan juga engga. Setiap dapet uang, pasti langsung niat buat nabung. Baru niat. Lalu, magically, pas akhir bulan tinggal kapiten pattimura semua di dompet. Miris.

Proses menabungnya berhenti di tahap nawaitu.

Karena itu, banyak juga yang bilang, kalau mau nabung, ya harus dilakuin dari awal. Misal, dapat gaji atau uang bulanan, langsung pangkas beberapa buat nabung. Jadi, tidak mengandalkan receh – receh sisa belanja.

Selain kekumpulnya lama, hasilnya juga tidak seberapa. Mirip seperti, kamu sudah berusaha sampai mau mati buat dapat perhatian dia, tapi dia cuma anggap kamu teman yang baik kalau ada maunya aja. Tsadest kan ? Gitu kalau kata anak – anak kekinian.

*

Jadi pengangguran itu bukan salah siapa – siapa. Maksudnya, salah orang lain, iya. Salah diri sendiri, juga iya. Banyak faktornya. Misalnya, kalian dipecat dari kantor karena kesalahan orang lain. Atau, kalian emang sengaja bikin masalah, dengan alasan menguji boss kalian perhatian apa engga. Eh. Itu mah, goblok deh.

Yang bilang nganggur itu nasib, juga ada benarnya. Karena cara Yang Maha Kuasa mengatur rezeki itu, misterius sedemikian rupa. Laknat rasanya, kalau coba – coba maksa, bahkan ga percaya.

Tapi, bukan berarti jadi pengangguran, kita bisa bertindak seenaknya. Kalau emang ada pengangguran yang songong, deketin, tarik kupingnya, bisikin, “Nyadar anying!”.

Apalagi kalau sampai ada pengangguran yang iri terhadap sesama. Sesama pengangguran, maksudnya. Kan ironis ya ? Yang jadi alasan buat iri apa ? Waktu tidur siangnya lebih panjang daripada waktu tidur siangmu ? Atau nganggurnya lebih stylish daripada cara nganggurmu ? Pembodohan itu namanya.

Juga bukan berarti boleh iri sama yang udah stabil pemasukannya. Mereka hoki, lu kaga. Eh. Maksudnya mereka kerja keras buat dapet pekerjaannya.

Datang interview sana – sini, Bolak – balik warnet buat cetak CV, ke fuj*film setiap seminggu sekali. Akan menang orang yang berusaha, daripada mereka yang gigit jari dari kejauhan.

Kompetisi itu manusiawi, asal tidak sikut – sikutan. Apalagi sampai santet – santetan. Percuma. Kasihan djinnya juga punya kehidupan.

Jadi, jadilah pengangguran yang berwawasan tinggi dan terdidik. Agar tidak perlu sampai menyusahkan hidup orang lain.

.
.
.

Selamat menganggur~

Jangan lupa cari kerja. Atau beli koran Pos Kota setiap hari sabtu. Di bagian ‘Karier’ biasanya banyak lowongan kerja. Anjir, tau gua ya.

You Might Also Like

9 Komentar

  1. AHAHAHAHHAHAHAHAHHAH XD

    Ngakak baca dialognya
    Dan wawasan lowkernya wkwkwk

    Hidup Pengangguran!!!
    Tanpa pengangguran, dunia kerja tak akan penuh warna yekan wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk :D

      Ya kali bang Aul, berwarna sih berwarna, tapi pemasukan ga ada bisa apa... :D

      Hapus
  2. Di streetjobs juga banyak, kan, lowongan kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Streetjob itu maksudnya kaya pedagang kaki lima, asongan, tarik becak, gitu - gitu ya rob ? wkwkwk

      Iya banyak sih lowongan, cuma, ya mungkin belum ada rezekinya :D

      Hapus
  3. Hm... bersyukurlah gue masih berstatus freelancer dan gak sepenuhnya nganggur. Dalam seminggu mah masih ada kerjaan. Kerja 3 hari, liburnya 4 hari. Sayang, gajinya mingguan. Gak terasa tau-tau habis. :(

    Zaman masih kerja di kantor pajak gue juga kayaknya songong banget. Beli ini-itu gak pakai mikir. Duitnya masih banyak. Pas keadaan lagi kayak gini, ya Allah. Kepengin buku aja kudu nabung atau nunggu diskonan dulu. Suram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajian mingguan bukannya cashflownya jadi stabil ya ? ada yang di tabung gitu.. :D

      Gue ngerasain juga nih sekarang bang yong, baru beli buku nabungnya 2 bulan. Asemmm.

      Hapus
  4. Gua lebih suka nyebutnya penganggurang profesional. Tapi se-profesional apapun tetep aja pengangguran.

    Nice share jho, keep it up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ada "profesional"nya yas meski pengangguran. Biar ga dianggep sebelah mata juga.

      Thankiss yass !

      Hapus