Seiring Dengan Salah Arah

Januari 16, 2017


Hidup, kadang misleading. Apa yang kita anggap gitu, ga taunya anu. Sumpah, Ambigu. Kira – kira, sudah berapa kali ya kita memutuskan suatu hal yang seharusnya benar, tapi ternyata salah ? begitu juga sebaliknya ? Nah loh. Jangan – jangan, jangan – jingin nih.

Original Photo by Garret Sears


Mengambil keputusan itu, kaya main quiz di sebuah acara TV. Untung – untungan. Kita ga bakal tau, tirai nomor berapa yang di dalamya berhadiah Mobil Alphard, dan tirai mana yang di dalamnya malah banyak zonk.

Kalau keputusan yang diambil benar, sorak - sorai penonton yang akan mengiringi langkah kita selanjutnya. Kalau keputusan yang diambil salah, hanya suara tawa yang akan terdengar dari seluruh penjuru ruangan. Sedikit mirip dengan ‘mereka’, yang ada di kehidupan sehari – hari. Yang mengakunya peduli dengan satu sama lain.

Tapi, mau ga mau tetap harus ambil keputusan, kan ? Karena apapun masalahnya, ga bisa dibiarin ngambang begitu saja.

Seperti Koboi yang sedang ber-duel satu lawan satu dengan musuh bebuyutannya. Tegang. Kalau ga memutuskan untuk menarik pelatuk, ya harus terima pulang dengan lubang di kepala.

Apalagi waktu yang ada terbatas. Memangnya hidup bisa diacungkan dua ibu jari sambil teriak “tepan!”, seperti saat main petak umpet ? Berhenti dulu, ambil nafas sebentar ? Yang benar saja.

Waktu berlalu, hari berganti. Tidak ada yang tetap tinggal pada tempatnya.

Secara teknis, kalau kita ga suka dengan hasil akhirnya, kita ga bisa menyalahkan siapa – siapa. Karena, ga ada satupun orang yang tau mana yang benar, mana yang salah.

Meskipun sebelum membuat keputusan, di dalam hati kita bisa menimbang – nimbang mana yang benar, mana  yang salah. Seperti, “Gua yakin nih, yang ini yang bener.” atau “Ah, kayaknya yang ini salah deh.”

Tetap saja pada akhirnya, kita seperti berlayar tanpa kompas. Buta arah. Hanya bisa menggenggam kedua tangan, menggantung harap pada hasil yang tak tentu.

Berharap, mungkin bisa jadi solusinya. Minimal hati merasa nyaman, sampai akhirnya tiba. Berharap terus, sampai jatah ‘harapan’ kita habis. Sungguh wajar dan manusiawi. Manusia dengan ilusinya terhadap akhir yang bahagia. Siapa yang tidak mau akhir yang bahagia ? Gua pun juga.

Tapi, ada satu lagi solusi yang menurut gua, paling logis. Yaitu, ‘Bersiap’.

Apapun hasilnya, bersiap. Logis, kan ? daripada menggantung harapan pada sesuatu yang abu – abu ? Mending cari jalan keluar lain jika hasilnya berbeda dengan yang kita inginkan.

Sebuah solusi yang Logis, sekaligus munafik.

Kenapa ? Karena mana ada manusia yang tidak punya rasa takut. ‘Takut’ itu, reaksi ilmiah dari tubuh manusia. Jika tubuh kita masih berfungsi dengan normal, seharusnya kita masih bisa merasa ‘takut’. Kalau ga takut, ga mungkin bisa berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan.

Lalu lebih baik mana, bersiap atau berharap ? Jawabannya boleh disimpan sendiri – sendiri.

Salah mengambil keputusan, rasanya seperti salah arah. Bikin sebal hati karena, seharusnya ini adalah jalur yang benar. Apalagi, yang namanya ‘waktu’ itu, relatif. Bisa berjalan lambat, bisa tiba – tiba terasa cepat.

Tapi kan, nanti bisa putar balik ? Bisa saja. Apa jadi lebih baik ? Tidak juga. Terkadang salah arah, masih bisa mengarahkan kita ke tujuan akhir. Hanya jalur yang dilewatinya saja yang berbeda.

Yang paling seru adalah, salah arah bisa membuka arah lain yang baru. Yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya. Ada kesempatan untuk belajar hal yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan sama sekali. Sebuah jalur kosong untuk mulai berlari lebih kencang lagi.

Bukan berarti, harus selalu disengajakan biar salah. Itu mah, bodoh. Maksudnya adalah, salah arah, tidak buruk – buruk amat. Jangan terlalu sering menghukum diri sendiri.

Seiring dengan salah arah, kita akan belajar banyak hal. Belajar menerima keadaan sebagai contohnya. Apa yang sudah terucap, mana mungkin bisa balik lagi. Nasi sudah menjadi bubur, pepatah bilang. Alhasil, kita jadi harus tetap bergerak. Tanpa perlu terlalu sering melihat kebelakang.

Mari kita berdoa saja semoga apa yang kita putuskan, tidak menyakiti hati orang lain. Maupun hati sendiri. Meskipun, yaa resiko tersebut ga mungkin dapat kita hindari. Tapi kalau masih bisa memaafkan, maafkanlah.

Bukannya mau menggurui. Tolong garis bawahi.

Karena gua pun masih kebingungan dengan konsep – konsep hidup yang kaya gini. Rasanya seperti jadi seorang balita lagi. Apa saja dimasukan ke mulut, sampai akhirnya belajar bahwa sudut meja itu rasanya hambar.

Sama seperti kita sehari – hari, apa saja dimasukan ke hati. Sampai akhirnya belajar kalau hati, juga perlu hati – hati. Bingung ga lu ?

.
.
.

Kalau hidup ada ‘kunci jawaban’ nya, kira – kira bakal kita pakai tidak ya ?

Siapa tau Tuhan sudah memberikan kita ‘contekan’, tapi kita terlalu fokus kebingungan sampai tidak dengar sama sekali. Nah loh.

You Might Also Like

10 Komentar

  1. Dalam banget.
    Tapi setuju ama kata-katanya.

    BalasHapus
  2. seperti pintu, pas 1 pintu ditutup, pintu lain kebuka.
    tinggal kitanya berani ngintip doang ato lanjut membuka pintu2 yang lain.
    toh setiap pintu ujungnya beda2.
    semacam take and give.

    duh apasih
    bingung juga sma komen sendiri.
    hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh bener juga nih wkwk. Ga kepikiran sayaa

      Ko bingung, lain kali jangan mainan pintu dulu deh wkwk

      Hapus
  3. Serinng bangeeetttt

    Ketika udah memilih salah satu, akhirnya di ending jadinya bakal "Damn it! Harusnya gue milih yang blablablaaa!"

    Gitu

    hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan ? ya kan ? Kesel banget habis itu kalau salah ya, wkwkwk

      Hapus
  4. Wuaa postingan ini kyaknya pas bgt buat gue. Brrti emg lebih hrs bersiap ketimbang bnyak brharap yah? Krna apa yg kita kira baik, blm tntu baik buat kita. Hmm:)
    yauda gue hrs mempersiapkan diri dlu Untuk knyataan yg akan gue hdapi nnti.. Tengkiuh yak!

    Klo khidupan ada contekannya, gue gak mau pake ah. Enakan jg hsil sndiri, bkan hasil contekan. Lebih asik :D Tp klo nilainya jelek gabisa remed ntr.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh tulisan random kaya gini ada manfaatnya juga ya wkwkwk :D Kayaknya emang lebih baik bersiap, karena nanti sakitnya jadi ga seberapa. gitu.. *belajar dari pengalaman wkwk -_-

      Sama sama yak! :D

      Uh iya ga kepikiran tuh, hidup gimana remednya yak ? -_-

      Hapus
  5. hmmmm.... hmmmmm.... hmmmmm..... *mikir mau komen apaan*

    ya namanya hidup emang pilihan kan ya? apa yang kita pilih hari ini bakal berpengaruh besar di masa depan. kayak misalnya penemu di jaman dulu, kalo dia nyerah pas buat sesuatu (misal lampu) di percobaan ke 99, padahal di percobaan ke 100 pasti berhasil, mungkin gak bakal ada lampu. jadi ya kita emang musti siap sedia sama keadaan, perubahan dan... anjir ini gue komen apaan. :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan mikir keras keras lah bang wkwkw muntah nanti :D

      True banget bang, Kalo mereka ga ngambil resiko, ga bakal ada kehidupan selanjutnya..

      Ini komentar yang intelektual ko :'D

      Hapus